Pages

Friday, February 21, 2014

Barcelona Didakwa Atas Penggelapan Pajak Transfer Neymar

Muehll.com - Ada serangkaian kontrak yang menunjukkan tanda-tanda kecurangan, serta operasi rekayasa keuangan
 
Barcelona akan segera diselidiki atas dakwaan kasus penggelapan pajak sebesar 9.1 juta euro terkait dengan transfer Neymar dari Santos musim panas lalu.
Dilansir ESPN, muncul sejumlah laporan di media lokal pada hari Rabu (19/2) waktu setempat bahwa otoritas pajak Spanyol meluncurkan kasus yang melibatkan Barcelona, sementara pihak klub sendiri telah membantah melakukan penggelapan pajak.
“Hakim Pablo Ruz telah mendakwa FC Barcelona dengan pelanggaran terhadap otoritas pajak yang berkaitan dengan pembelian pemain asal Brasil,” ungkap juru bicara pengadilan seperti dikutip ESPN.
Hakim Ruz saat ini sedang melakukan penyelidikan atas kesepakatan sebesar 82 juta euro, dan telah meminta Ayah Neymar serta FIFA untuk memberikan semua dokumen yang berkaitan dengan transfer di tengah kecurigaan laporan adanya berbagai versi dokumen.
Seorang jaksa penuntut umum mengajukan petisi baru kepada Pengadilan Tinggi Spanyol pada hari Rabu yang menguraikan alasan ingin mengambil alih kasus pajak tersebut. “Ada serangkaian kontrak yang menunjukkan tanda-tanda kecurangan, serta operasi rekayasa keuangan,” demikian pernyataan dalam petisi tersebut.
Jaksa, Jose Perals, mengklaim adanya penyimpangan keuangan, 10 juta euro pada tahun 2011 dan 27,9 juta euro pada tahun 2013. Barcelona disebut-sebut gagal membayar dana sebesar 9,1 juga euro yang terhutang pada beban pajak sebesar 37,9 juta euro.
Sebelumnya, Barcelona menyatakan bahwa biaya tersebut dikeluarkan sebagai hukuman terkait klausal Neymar saat mereka mengontrak pemain Brasil tersebut 12 bulan lebih awal dari yang telah disepakati. Uang tersebut, menurut website klub, dibayarkan kepada perusahaan yang dikendalikan oleh ayah Neymar.
Barcelona telah mengakui bahwa mereka membayar total 86,2 juta euro saat mendatangkan Neymar musim panas lalu, meski biaya transfer hanya mencapai angka 57,1 juta euro.
Sandro Rosell, yang mengundurkan diri sebagai presiden Barcelona pada Januari menyusul transfer kontroversial ini, dipanggil untuk bersaksi di tengah kelanjutan proses investigasi, termasuk presiden anyar Blaugrana Josep Maria Bartomeu dan ayah Neymar.
Semua orang yang terlibat terus mempertahankan argumen mereka bahwa kesepakatan itu legal. Pada bulan Januari, sebelum pengunduran diri Rosell, Barcelona merilis pernyataan yang mengatakan bahwa transfer tersebut memang kompleks namun tidak melalui jalur ilegal.
“Komplesitas kontra, yang jaksa sebut ‘kontrak palsu’, bukan ilegal dan kami yakin jaksa keliru telah mempercayainya,” demikian pernyataan di situs resmi klub.

0 komentar:

Post a Comment