Pages

Friday, February 28, 2014

10 Tempat di Dunia yang Dipercaya Sebagai Pintu di Akhirat

Banyak orang percaya gerbang akhirat, neraka, atau kehidupan sesudah kematian hanya bisa dimasuki setelah meninggal, namun beberapa percaya pintu dunia lain itu dapat ditemukan pada beberapa tempat di dunia ini. Berikut 10 tempat di dunia yang dipercaya sebagai pintu gerbang menuju akhirat.
10. Tanjung Matapan, Yunani

Tanjung Matapan sebagai salah satu tempat di dunia yang merupakan pintu masuk akhirat
Sebelumnya disebut sebagai Tanjung Malea, namun sekarang dikenal sebagai Tanjung Matapan, Tainaron atau Tenaro. Dalam Mitologi Yunani, seseorang yang meninggal harus melalui Sungai Stynx dengan bantuan Charon si Tukang Perahu untuk masuk ke Tartarus atau akhirat. Namun ternyata ada pintu masuk lain ke neraka, yaitu Gua di Tanjung Matapan.
Dikisahkan bahwa saat Orpheus dari Mitologi Yunani ingin menyelamatkan istrinya, Eurydice, ia melalui gua di Tanjung Matapan ini untuk pergi ke neraka. Kisah serupa juga dilakukan oleh Hercules yang melalui gua yang sama. Tanjung Matapan sendiri terletak di bagian paling selatan dari daratan Yunani dan ditandai dengan reruntuhan kuil Sparta.
9. Gunung Hekla, Islandia
Gunung Hekla adalah salah satu tempat sebagai pintu gerbang akhirat
Sejak letusan gunung berapi Hekla pada tahun 1104, gunung berapi aktif ini sering disebut sebagai pintu gerbang akhirat. Gunung berapi ini sendiri terletak di dekat kawasan padat populasi, jadi selain menghancurkan daratan sekitar, letusannya juga telah menyebabkan banyak kematian, gempa bumi dan penyakit. Mungkin ini yang menjadi dasar dari sebutan tersebut, namun selain itu masih banyak cerita mengitari tempat misterius ini.
Beberapa orang menyebutkan tempat ini sebagai tempat dimana para penyihir bertemu dengan Iblis, selain itu tempat ini juga dirumorkan sebagai tempat dimana Judas, Rasul yang mengkhianati Yesus dikurung. Letusan pada tahun 1341 juga dilaprkan memiliki perwujudan seakan-akan ada burung-burung terbang di atasnya, dan beberapa orang menggambarkan burung-burung ini sebagai roh dunia lain.
8. Actun Tunichil Muknal, Belize
Actun Tunichil Muknal mungkin saja merupakan pintu masuk menujju dunia lain alias akhirat atau neraka
Actun Tunichil Muknal merupakan deretan gua yang terletak di pusat pemeliharaan Tapir Gunung, Belize.Penelitian menunjukan bahwa tempat ini merupakan tempat dimana kaum Maya melakukan berbagai ritual mereka.
Tempat ini sekarang terbuka untuk tur publik dimana para pengunjung dapat melihat sisa-sisa kurban manusia dari berbagai umur, dimulai dari bayi hingga orang dewasa. Diperkirakan bahwa sisa kerangka manusia yang ada di sana telah berumur sekitar 1200 tahun. Legenda mengatakan bahwa gua-gua ini merupakan rumah bagi Dewa Hujan, Chaak, sedangkan barulah kedalamannya terletak labirin dunia lain, Xibalba. Xibalba sendiri adalah rumah bagi 12 Iblis dan pasukan mereka. Ke-12 iblis ini bertanggung jawab atas kematian, penyakit, kelaparan, kesakitan, dan kemiskinan. Kaum Maya melakukan kurban manusia dengan tujuan untuk membuat ke-12 Iblis ini tetap tenang dan tidak mengganggu manusia.
7. The Sacred Cenotes, Meksiko
The Mayan Cenotes atau The Sacred Cenotes adalah salah satu tempat dunia sebagai pintu gerbang neraka
The Sacred Cenotes atau Mayan Cenotes sebenarnya merupakan gua sebagai saluran air bawah tanah yang terbentuk secara alami. Tempat ini digunakan oleh Kaum Maya untuk berbagai tujuan dan uniknya pada saat matahari sedang berada di titik tertingginya, sumur ini tidak akan memiliki bayangan sama sekali.
Di kedalaman gua ini dapat ditemukan kuil Kaum Maya serta sisa-sisa tulang manusia dan binatang yang memiliki tujuan serupa dengan Actun Tunichil Muknal di Belize. Dipercaya juga sebagai kediaman Chaak, Raja Hujan, dan kaum Maya akan meninggalkan persembahan di gua untuk mendapatkan panen yang berlimpah. Sangatlah serupa dengan kisah Gua di Belize dengan kisah Xibalba, hanya saja sekarang ini, The Sacred Cenotes lebih menjadi tempat yang lebih banyak dikunjungi turis.
6. St. Patrick Purgatory, Irlandia
Saint Patrick Purgatory sebagai salah satu pintu gerbang menuju neraka
St. Patrick sendiri adalah salah satu Rasul dan Patrol dari Irlandia. Berdasarkan legenda, sesudah Patrick frustasi karena pengikutnya terus meragukan dirinya, Kristus muncul di depan dirinya dan mengarahkan dirinya ke sebuah gua di Pulau Station. Di dalam gua tersebut ada sebuah lubang yang mengarah ke Purgatori dimana roh-roh orang mati harus bertanggung jawab atas dosa-dosa mereka sebelum masuk Surga. Di sana, St. Patrick juga mendapatkan penglihatan atas siksaan Neraka.
12 Abad kemudian, Pulau Station menjadi tempat tujuan peziarah Katolik. Sayangnya di tahun 1632, gua ini ditutup dan berbagai bukti ziarah telah hilang. Walaupun begitu, hingga zaman modern sekarang ini, para peziarah tetap mengunjungi Pulau Station untuk berziarah selama 3 hari dimana mereka harus terjaga selama 24 jam dan berpuasa di pulau tersebut. Yang menjadikan tempat ini salah satu pintu gerbang neraka adalah "keberadaan" dimana Purgatori yang dilihat oleh St. Patrick tersebut.
5. Lacus Curtius, Italia
Lacus Curtius pada dahulunya merupakan lubang raksasa yang menjadi pintu masuk akhirat
Sekarang ini, lubang di Roman Forum, Italia tidak terlihat ada apa-apa. Tapi dalam sebuah legenda, dikisahkan dulunya tempat itu merupakan lubang raksasa yang membentuk seperti sebuah jurang. Lubang tersebut muncul di tengah-tengah kota Roma dan tidak ada yang dapat menutup lubang tersebut, hingga munculnya sebuah ramalan bahwa lubang itu tidak akan menutup dan Roma akan ditelannya kecuali jika kota tersebut mengurbankan apa yang membuat kota tersebut kuat.
Salah satu pejuang terhebat Roma, Marcus Curtius menyadari bahwa kekuatan Roma ada di senjata dan keberanian penduduknya. Oleh karena itu, dengan berpenampilan penuh senjata dan berpakaian baja, ia mengendarainya kudanya ke arah lubang tersebut dan terjun langsung ke akhirat. Lubang raksasa itu menutup dan kota Roma terselamatkan. Oleh karena itu tempat ini dijadikan sebagai ikon dimana seseorang berhasil melakukan pertukaran dengan dewa kematian.
4. Fengdu, Cina
Fengdu di Cina merupakan kota setan yang menjadi tempat pemberhentian terakhir roh orang mati
Terletak di kotamadya Chongqing, Cina, "Kota Hantu" berumur 2000 tahun ini telah sering disebut sebagai tempat pemberhentian roh orang mati sebelum mereka pergi ke kehidupan selanjutnya. Kota ini sendiri penuh dengan kuil-kuil Buddha dan Tao yang digambarkan penuh dengan setan neraka yang bertugaskan untuk menyiksa roh orang mati. Tidak hanya itu saja, Fengdu juga sudah dipenuhi dengan berbagai dekorasi dan pahatan yang menekankan akan "Kota Hantu" ini sendiri. Seperti contohnya keberadaan pahatan muka "Raja Neraka" yang dikenal dunia sebagai salah satu pahatan batu terbesar di dunia.
Legenda dari Dinasti Han menceritakan 2 orang pejabat kerajaan bernama Wang Fangping dan Yin Changsheng, meninggalkan jabatan mereka untuk mendalami Taoisme di kota ini dan mencapai keabadian. Nama mereka sendiri jika digabungkan akan terdengar seperti "Raja Neraka" yang menjadikan kota ini sebagai kediaman para Setan.
3. Istana Houska, Republik Ceko
Istana Houska merupakan istana yang bukan untuk menahan serangan luar namun mengurung setan di dalam
Jika kebanyakan proyek pembangunan dilakukan di lokasi tertentu dengan alasan logis, Houska Castle atau Istana Houska dibangun di lokasi yang sama sekali tidak memiliki nilai strategis, akses sumber daya sangatlah susah ditemukan, jauh dari sumber air, dan desain yang aneh. Jika sebuah istana pada umumnya dibangun untuk melawan seragan dari luar, Houska Castle memiliki banyak fitur yang seakan-akan terlihat untuk menahan sesuatu di dalam.
Legenda mengatakan bahwa istana ini dibangun di atas "lubang tanpa dasar" yang mengarah ke neraka. Legenda tersebut mengatakan bahwa Raja Bohemia, Ottokar II, memberikan pengampuan kepada setiap tahanan yang berani menurunkan diri mereka ke lubang tersebut dan melaporkan apa yang ada di bawah lubang tersebut. Tahanan pertama hanya bertahan selama beberapa detik sebelum ia berteriak, dan sesudah ia kembali, dikatakan rambutnya menjadi putih dan terlihat lebih tua 30 tahun dengan menceritakan berbagai mahluk yang tidak jelas. Ottokar II kemudian membuat istana di atas lubang tersebut dengan tujuan untuk menangkap Iblis.
Sesudah Istana ini dibangun, ada berbagai kisah lain yang menceritakan suara aneh, teriakan, dan wujud mengerikan dari dunia lain muncul di tempat ini. Selain itu, Houska Castle juga pernah ditempati Nazi selama Perang Dunia II dan menjadi berbagai eksperimen dan kejadian mengerikan.
2. Danau Avernus, Italia
Danau Avernus ternyata adalah salah satu tempat di dunia yang menjadi pintu gerbang neraka
Lake Avernus atau Danau Avernus di Itali sering disebut-sebut sebagai pintu masuk menuju neraka karena penampilannya dimana memiliki warna yang gelap, kawah-kawah berapi pasif, air yang tenang, gua yang dalam, dan terkadang memunculkan luapan gas. Luapan gas ini dikatakan seakan-akan terlihat seperti Hades si Penguasa Neraka kembali ke kediamannya dan banyak hewan dikatakan mati karena sulfur dari danau ini.
Virgil, seorang penyair Roma terdahulu, menyebutkan bahwa tempat ini pernah dikunjungi oleh Heracles dan Odysseus dan gua-gua di sekitar danau mengarah ke kedalaman yang merupakan rumah peramal. Dikisahkan bahwa gua-gua di sekitar danau inilah memperbolehkan mimpi buruk untuk mengunjungi dunia manusia.
Nama Avernus sendiri berasal dari kata Yunani yang berarti "birdless" atau "tidak ada burung." Ini berdasar atas kepercayaan dimana burung-burung yang terbang di atas danau ini akan mati karena luapan racun dari danau Avernus. Tidak diketahui secara jelas darimana kepercayaan ini berasal, namun pada zaman modern ini burung-burung dapat terbang di atas danau ini dengan bebas.
1. Tujuh Gerbang Neraka
Tujuh Gerbang Neraka atau Seven Gates of Hell tersebar di tujuh benua
Tujuh Gerbang Neraka atau Seven Gates of Hell adalah sebuah kisah dimana jika seseorang berhasil menemukan dan melewati ketujuh gerbang akhirat ini maka ia akan menemukan dirinya di dunia lain atau singkatnya ia berada di neraka. Tidak diketahui secara jelas keberadaan dari ketujuh gerbang ini namun berbagai sumber mengatakan bahwa ketujuh gerbang ini ada di setiap benua, yakni Asia, Afrika, Amerika Utara, Amerika Selatan, Antarctica, Eropa dan Australia. Ini berarti ada 1 gerbang untuk setiap benua.
Berikut ini adalah rumor dari keberadaan gerbang-gerbang tersebut: tangan kiri Sphinx di Mesir, dekat Temple Mount di Israel, Pemakaman Pere Lachaise di Paris, dekat Patung Raksasa Yesus di Brazil, Pemakaman Marie Laveau di New Orlean, Pemakaman Rookwood di Sydney, Lebanon Road di Libanon, dan di Kutub Selatan sendiri.
Walaupun begitu semua tempat di atas belum dapat dikatakan secara pasti adalah bagian dari 7 gerbang neraka. Karena selain 7 gates of Hell, ada juga 13 lost gates of Hell. Legenda mengisahkan bahwa Para Dewa membuat gerbang palsu yang serupa untuk membuat para Iblis kebingungan dan menyebarkannya di berbagai tempat di dunia.

0 komentar:

Post a Comment