Pages

Monday, April 29, 2013

Ini Cara Menghindari Mata Tegang Akibat Memandang Komputer


Cara Menghindari Mata Tegang Akibat Memandang Komputer
Apakah Anda sering mendapati mata merasa lelah setelah terlalu lama memandang komputer? Pada beberapa kasus, pandangan bahkan bisa berubah menjadi kabur.
Jika tidak ingin hal itu terjadi lagi, simak cara menghindari mata tegang akibat memandang komputer seperti yang dilansir dari Merdeka berikut ini.
1. Posisi yang tepat
Pastikan jarak antara monitor komputer atau laptop dengan mata adalah 50-100 sentimeter. Jangan mendekatkan mata pada layar jika huruf yang dibaca terlalu kecil, namun berusahalah untuk mengganti ukuran dari huruf itu.
2. Pencahayaan
Terkadang, cahaya dari layar komputer atau laptop juga membuat mata mudah tegang. Jadi sebaiknya atur pencahayaan pada layar. Selain itu, pastikan ruangan tempat Anda memandang komputer tidak terlalu gelap maupun terang.
3. Membersihkan layar
Jangan malas membersihkan layar komputer atau laptop. Sebab debu yang menempel pada layar ternyata juga mempengaruhi kondisi mata.
4. Posisi keyboard
Letakkan keyboard tepat di depan Anda, tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Jika letaknya tidak tepat, bukan hanya tangan dan lengan yang akan merasa lelah, mata pun akan ikut menegang.
5. Penempatan objek
Jika Anda tengah menyalin sesuatu, misalnya mengetik sebuah tulisan dari buku, pastikan untuk menempatkan objek tidak terlalu jauh dari layar. Hal ini akan mempermudah mata untuk mengubah fokus dari satu titik ke yang lain.
Itulah berbagai cara untuk menghindari mata tegang akibat memandang komputer atau laptop dalam waktu yang terlalu lama. Selamat mencoba...

0 komentar:

Post a Comment